• Home
  • About
  • Dua tahun lalu dimana aku merencanakan berenang bersama ikan di lautan Menjangan, sebuah pulau kecil yang terletak 5 mil di barat laut pulau Bali. Kenapa aku ingin sekali snorkeling disana? Karena sebagai pemula, snorkeling di Menjangan sudah bagus dan sangat safety, selain itu kocek yang mesti disiapkan pun cukup bisa aku jangkau. Rupiah demi rupiah kutabung, berenang pun menjadi agenda rutin tiap libur kerja sebagai latihan jika nantinya aku snorkeling di Menjangan. Indahnya pulau Menjangan dengan kearifan budaya bali dan hewan menjangan di habitat aslinya, juga indahnya wisata bawah laut sudah terbayang dan selalu terbayang di anganku.

Satu tahun berlalu, tabungan sudah cukup untuk patungan ke Menjangan berdua, namun entah mengapa semua tertunda. Salah satunya mungkin karena kesibukan dalam fotografi bertambah, beberapa project harus emas kerjakan. Aku mencoba bersabar dan mengerti mungkin belum waktunya untuk trip snorkeling ke Menjangan.

Waktu berlalu, tak terasa penundaan trip snorkeling sudah di tahun kedua, tabungan yang aku kumpulkan sudah terpakai untuk kepentingan lain. Aku pun sudah tidak menginginkan trip ke Menjangan lagi, sudah kupasrahkan mau trip atau tidak kubiarkan mengalir saja tanpa kurencanakan kapan..

Hingga akhirnya di pertengahan tahun kedua ini, keajaiban terjadi. Kami berkesempatan mencicip indahnya snorkeling. Dan hebatnya, bukan hanya di Menjangan, kami langsung berkesempatan snorkeling di pulau Bunaken. Pulau yang sudah diakui oleh UNESCO memiliki taman bawah laut terindah, bahkan mendapatkan julukan “Segitiga emas terumbu karang dunia”. Tidak aku sangka akan bisa kesana. Dulunya bisa snorkeling di Menjangan saja sudah aku syukuri. Saking speechless nya aku tak bisa berkata-kata, hanya langsung bersyukur dalam sujudku. Kembali bergelora keinginanku berwisata di bawah laut. Bunakeeeen.. pulau yang namanya sudah tak asing lagi di dunia karena alam bawah laut yang menakjubkan, aku akan kesana!

Bulan Juni 2016 kami berangkat trip ke Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Simak cerita dan foto-foto seru kami ngetrip ke Bunaken disini! Yey!

Perjalanan kami mulai dengan menumpang kereta api, karena jadwal penerbangan ke Manado melalui kota Jakarta. Kereta di tahun 2016 sudah jauh berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya. Lantai dan kursinya bersih,  pelayanannya lebih ramah dan jadwal keberangkatan tepat waktu. Lebih nyaman kereta api sekarang..

eIMG_9893u

Sesampainya di Jakarta, kami lanjut chek in untuk terbang ke kota Manado, perjalanan membutuhkan waktu 4 jam. Dari stasiun menuju bandara kami menggunakan jasa layanan taksi uber. Ngirit bangeeet teman, cuma 96rb rupiah saja.

eIMG_9913u

Kami sampai di kota Manado pukul 09.40WITA

Rasa bahagiaa karena sudah sampai di Manado menghilangkan lelah perjalanan pesawat terbang 4 jam. Setelah mengambil koper di tempat pengambilan barang yang terlihat sepi, kami istirahat sejenak sambil menunggu mobil penjemputan.

Kota manado adalah kota terdekat sebelum menyeberang ke pulau Bunaken. Ada banyak pelabuhan untuk bisa menyebrang sampai ke Bunaken. Kami menyebrang melalui pelabuhan Marina. Kami menuju pulau Bunaken di hari kedua, mobil menjemput kami di hotel setelah breakfast. Hotel yang kami tinggali hanya berjarak tempuh 15 menit menuju pelabuhan penyebrangan. Sesampainya di pelabuhan kami langsung diajak menyusur kapal demi kapal yang sedang terparkir untuk bisa sampai ke kapal yang akan kami tumpangi. For your informatin jika kalian mau nyebrang ke pulau Bunaken dan sewa kapal sendiri biayanya 2,5jt guys. Namun jangan khawatir bagi kalian yang mau lebih hemat, ada kok jasa trip yang hanya berkisar 200rb per orang nya. Karena kalau lewat jasa trip kalian akan dicarikan barengan teman ngetrip hingga 20 orang guys, namun mesti booking jauh hari sebelum ke Manado ya jasa trip nya.

Dan kota Manado itu ternyata indah baaanget.. tata kota di pinggiran laut itu rapi dan bersih. Asal kalian tahu ya, bangunan-bangunan di pinggir laut itu baru berusia kurang lebih 10tahun, karena daratan yang ditempatinya itu adalah hasil dari reklamasi 10tahun lalu.. Berikut pemandangan Boulevard dan bangunan reklamasi icon kota Manado dari atas kapal boat.

Ditengah perjalanan kami berpindah ke kapal kaca untuk menikmati pemandangan bawah laut melalui kaca di dalam kapal. Kapalnya unik teman, ada kotakan menjorok kebawah air laut gitu di tengah kapal. Dari kotakan itulah kita bisa melihat pemandangan bawah laut tanpa basah. Dan serunya kapal ini bisa melihat saaampai ke dalam, bisa lihat penyu di dalem sono..

Ada penyu dibawah sana!

Perjalanan berlanjut. Dan akhirnya kami sampai di Bunaken setelah menempuh perjalanan kapal selama 45 menit.

Sesampai di pulau Bunaken seneeng banget rasanya, jadi kebanyakan tingkah lari sana-sini. Kami menyusuri pansir putih yang terhampar indah disana. Melihat-lihat kapal yang lalu lalang membawa wisatawan untuk menikmati indahnya bawah laut. Daan.. seperti biasa hobi narsisku kambuh. Hahaaa.. kami berpose dan berfoto sebelum snorkeling. Kocaknya waktu pingin pose bergendongan ternyata aku terlalu gembul, susah digendong.. malah cuma bikin kami ketawa sampai sakit perut.. wkkk

Setelah puas berfoto di pasir putih, kami menuju tempat persewaan alat snorkeling. Alat snorkeling dipatok 150rb sudah meliputi Snorkle untuk membantu pernafasan, Mask atau kacamata selam, Fin atau kaki katak dan Lifevest atau baju pelampung. Kemudian untuk guide yang akan menunjukkan spot-spot indah buat snorkelingnya kita juga harus sewa 150rb. Jangan luupa ya sewa camera underwater buat narsis dan buat motret alam bawah lautnya! Harga sewa camera underwater 350rb rupiah.

Dan inilah puncak keseruan trip Bunaken, wisata bawah lauuut.. I’m so exited!

Tapii temans.. saia kan belum pernah snorkeling. Ekspresi takut takut menggelayut diwajahku saat pertama kali ingin turun ke laut. Begitu nyebur langsung deh panik. Emas sudah memberi saran untuk tetap tenang, tapi masih saja aku takut dan panik. Kemudian aku dituntun guide untuk bisa renang snorkeling perlahan. Di tangan kiriku dipegangi biskuit untuk memberi makan ikan. Perlahan aku berenang mengikuti guide. Aku masih agak kaku panik dan ketakutan. Dan tiba-tiba ikan-ikan yang bermacam warna dan species mengerumuniku, sontak mataku terbelalak dan terbengong-bengong melihat betapa indahnya ikan di bawah laut Bunaken. Kekakuan dan ketegangan mulai mencair, kakiku mulai mengayuh berenang dengan lincahnya, tanganku bermain asik dengan ikan-ikan.. subhanallah wa syukurilah terima kasih Allah sudah memberi kesempatan untuk bertemu ikan-ikan yang menakjubkan di bawah laut ini..

eDSCN0021u

Nah ini ni disini semakin terkagum aku melihat palung yang dalam sehingga air laut membiiiiru pekat. Aku sudah bisa bergaya ni ceritanya, dah gak ketakutan, aku berpose duduk di bawah laut. Nikmatnya bersantai di bawah laut, mantab..

eDSCN0099u

Setelah lincah snorkeling kesana kemari, aku minta untuk difoto berdua dengan emas. Wajah sumringah kelihatan banget tuh di foto, bahagia dan seruuu.. Romantisnyaaa nge-date di kedalaman laut.. uhuk.

eDSCN0050u

Seusai berfoto berdua-dua, emas melanjutkan pengembaraan di semuuua area snorkeling. Dia motret kesono sono jauuuh. Maklum emas emang penghobi fotografi. Emas keasyikan mencari obyek foto di indahnya bawah laut hingga lamanya 4 jam kami berada di bawah laut. Setelah puas mengeksplore dan memotret, kami berenang menuju kapal untuk beristirahat.

eDSCN0414u

Dan tadaaaa.. kami bertambah hitam dan semakin kelam sehabis 4 jam snorkeling.

Inilah salah dua dari sekiian banyak hasil jepretan emas underwater Bunaken, wonderful!

eDSCN0230u

eDSCN0359u

Lihat hasil foto dan tips memotret underwater dari emas selengkapnya disini